KLASIFIKASI /TAKSONOMI cabang ilmu biologi yang mempelajari bagaimana
mahkluk hidup dikelompokkan, dengan tujuan mempermudah mempelajari mahkluk
hidup yang beranekaragam.
Pengelompokkan mahkluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri-ciri yang
dimiliki. Yang banyak memiliki persamaan diletakkan pada kelompok yang sama dan
yang berbeda dipisahkan untuk dicari pada tempat mahkluk hidup yang memiliki ciri
yang sama.
Bapak klasifikasi : Carolus Linnaeus, terkenal dengan teknik Binomial Nomenklatur;
penamaan mahkluk hidup dengan 2 kata. Contoh; Homo safiens (MANUSIA),
Oryza sativa (jagung), Zea mays (padi), Canis domesticus (kucing), Perhatikan cara
penulisannya pahami aturannya.....!
Prediksi soal UN
Pilihlah jawaban yang benar!
2. Perhatikan gambar berikut!
Pilihlah jawaban yang benar!
1.
Tujuan pengelompokkan makhluk hidup adalah . ...
mahkluk hidup dikelompokkan, dengan tujuan mempermudah mempelajari mahkluk
hidup yang beranekaragam.
Pengelompokkan mahkluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri-ciri yang
dimiliki. Yang banyak memiliki persamaan diletakkan pada kelompok yang sama dan
yang berbeda dipisahkan untuk dicari pada tempat mahkluk hidup yang memiliki ciri
yang sama.
Bapak klasifikasi : Carolus Linnaeus, terkenal dengan teknik Binomial Nomenklatur;
penamaan mahkluk hidup dengan 2 kata. Contoh; Homo safiens (MANUSIA),
Oryza sativa (jagung), Zea mays (padi), Canis domesticus (kucing), Perhatikan cara
penulisannya pahami aturannya.....!
Tingkatan takson pada tumbuhan dimulai
dari; Kingdom, divisio, kelas, ordo, famili, genus,
dan spesies. Sedangkan pada hewan: Kingdom, filum, kelas, ordo, famili,
genus, dan spesies.
Menurut
Robert Whittaker; makhluk hidup dikelompokkan
menjadi 5 Kingdom, yaitu;
1.
Kingdom Monera,
2.
Kingdom Protista
3.
Kingdom Fungi
4.
Kingdom Plantae, dan
5.
Kingdom Animalia.
Tips. Hapalkan perbedaann ke lima ciri
kingdom dan
contoh mahkluk hidupnya!
Prediksi soal UN
Pilihlah jawaban yang benar!
1. Perhatikan gambar empat
macam tumbuhan berikut
ini!
Kelompok tumbuhan yang
memiliki kekerabatan terdekat berdasar ciri yang dimiliki
ditunjukkan oleh ....
A. I dan III B. II dan III C. III dan IV D. IV dan I
Kunci: C
Pembahasan:
Gambar I adalah contoh tanaman paku jenis Pteris excelsa
Gambar II adalah contoh tanaman paku Tanduk Rusa (Platycerium
bifurcatum)
Gambar III Lumut hati Hepaticopsida
Gambar
IV jenis lumut Musci sp
2. Perhatikan gambar berikut!
dimiliki
oleh tanaman sesuai gambar adalah....
A. I dan II B. I dan III C. II dan III D,III dan IV
Kunci: C
Pembahasan:
Gambar I adalah tanaman terung
adalah termasuk kelompok dikotil
Gambar II adalah tanaman nanas
adalah termasuk kelompok monokotil
Gambar III adalah tanaman
jagung adalah termasuk kelompok monokotil
Gambar IV adalah tanaman jambu
adalah termasuk kelompok dikotil
Kata kunci pembelajaran pengelompokkan tumbuhan (Plantae)
1. berdasarkan ada tidaknya pembuluh angkut
1. tidah memiliki pembuluh angkut
a. lumut (Bryophyta)
2. memiliki pembuluh angkut
a. tanaman paku ( Pterydophyta)
b. tanaman berbiji (Spermatopyta)
2 Spermathopyta di bagi 2, yaitu
a. Berbiji tertutup (Angiospermae)
contoh; Pinus merkussi ( pinus)
Agathis alba (cemara)
Gnetum gnemon (melinjo/tangkil)
b. berbiji terbuka (Gymnospermae) dibagi 2
1. Monokotil (berkeping satu)
Ciri utama : -berkeping satu, jumlah bunga kelipatan 3, irisan melintang
batang menyebar, akar serabut, bentuk tulang daun; pita,
sejajar, dan melengkung
contoh: kelapa (Cocos nucipera), alang-alang (Imperata cylindrica),
pandan (Pandanus sp.)
2. Dikotil (berkeping dua)
Ciri utama : berkeping dua, jumlah bunga kelipatan 4 dan 5, irisan melintang
xilem, kambium, dan floem jelas, bentuk daun menyirip dan menjari
akar tunggang,....
Pilihlah jawaban yang benar!
A. memudahkan kita mempelajari dan menyederhanakan objek yang beranekaragam
B. mengetahui jumlah makhluk hidup yang ada di bumi
C. memahami keanekaragaman makhluk hidup baik tumbuhan maupun
hewan
D .memanfaatkan makhluk hidup yang ada bagi kepentingan manusia
2. Perhatikan
data berikut ini:
1. Divisio 4. Spesies
2. Genus 5. Ordo
3. Class 6. Famili
Berdasarkan data
di atas, tingkatan klasifikasi pada
tumbuhan dari yang terbesar ke yang terkecil ….
A.
1-3-5-6-2-3
C. 1-4-5-6-2-3
B.
1-2-3-4-5-6
D. 1-3-4-2-5-6
3. Perhatikan
nama-nama ilmiah berikut!
1. Rattus rattus 2. Manis javanicus
3. Bos javanicus 4. Bos sundaicus
Dari data nama-nama ilmiah di atas, yang memiliki
hubungan kekerabatan dekat adalah . ...
A. 1 dan 2 C. 1 dan 3
B. 2 dan 3 D. 3 dan 4
4. Perhatikan
data berikut ini :
1. Daun seperti pita
2. Tulang daun menyirip
3. Akar serabut
4. Batang berkambium
5. Bunga betina terletak pada ketiak daun
6. Bunga jantan berwarna menyolok
Berdasarkan data di atas, ciri-ciri tumbuhan jagung terdapat pada nomor ...
A. 1, 3
dan 5 C. 1, 3 dan 6
B 2, 3 dan 4 D. 2, 5 dan 6
5.
Perhatikan data tumbuhan yang ditemukan di
kebun sekolah:
1.
putri malu
4. serai
2.
kembang sepatu 5. bayam
3.
ilalang
6. melati
Tanaman yang dikelompokkan berdasarkan
persamaan
ciri berakar tunggang adalah…..
A. 1, 2
dan 3 C. 2, 3
dan 5
B.
1, 2 dan 6 D. 2, 4,dan 6
7. Tumbuhan yang
telah memiliki akar, batang dan daun sejati berkembang
biak dengan metagenesis (pergiliran
keturunan) adalah...
A. Bryophyta C. Thallophyta
B
Pterydophyta D.
Angiospermae
8. Perhatikan ciri-ciri tumbuhan berikut!
1. tumbuhan berbentuk pohon atau semak
2. memiliki sistem perakaran tunggang
3. batang berkayu
4. biji tidak dibungkus oleh daun buah
5. organ reproduksi berbentuk kerucut (strobilus)
Tumbuhan yang mempunyai ciri-ciri di atas adalah ...
A. tumbuhan paku (Pterydophyta)
B. tumbuhan biji terbuka (Gymnospermae)
C. tumbuhan berkeping satu (monokotil)
D. tumbuhan berkeping dua(dikotil)
9. Perhatikan gambar berikut
Kingdom Animalia
9. Perhatikan gambar berikut
Ciri-ciri organ
yang dimiliki oleh tumbuhan dikotil
ditunjukkan oleh
gambar nomer. ...
A. 1, 3 dan
4 C. 1, 4 dan 6
B. 2, 3 dan 4 D. 2, 3 dan 5
10. Tumbuhan yang
telah memiliki akar, batang dan daun sejati berkembang biak dengan metagenesis (pergiliran
keturunan) adalah...
A. Bryophyta C. Thallophyta
B
Pterydophyta D.
Angiospermae
11. Perhatikan ciri-ciri tumbuhan berikut!
1. tumbuhan berbentuk pohon atau semak
2. memiliki sistem perakaran tunggang
3. batang berkayu
4. biji tidak dibungkus oleh daun buah
5. organ reproduksi berbentuk kerucut (strobilus)
Tumbuhan yang mempunyai ciri-ciri di atas adalah ...
A. tumbuhan paku (Pterydophyta)
B. tumbuhan biji terbuka (Gymnospermae)
C. tumbuhan berkeping satu (monokotil)
D. tumbuhan berkeping dua(dikotil)
Kingdom Animalia
1. Ketika berlibur ke pantai,
Aldi menemukan hewan dengan
ciri-ciri
sebagai berikut :
1.
Tubuh ditutup bulu
2.
Suhu tubuh tetap
3.
Bernapas dengan paru-paru
4.
Berkembangbiak
dengan bertelur.
Berdasarkan ciri-ciri di atas, kemungkinan hewan yang
ditemukan Ani adalah ....
A. Pisces C. Aves
B. Amphibi D. Pisces
2. Perhatikan tabel
berikut ini :
No
|
Bagian
|
Hewan
bertulang
Belakang
|
Hewan tak
bertulang
Belakang
|
1
|
Susunan saraf
|
di atas
saluran pencernaan
|
di bawah
saluran pencernaan
|
2
|
Jantung
|
tidak sempurna
|
sempurna
|
3
|
Saluran
pencernaan
|
di atas sistem
saraf
|
di bawah
sistem saraf
|
4
|
Rangka tubuh
|
rangka luar
|
rangka dalam
|
Berdasarkan
tabel di atas, perbedaan hewan bertulang belakang dan hewan tak bertulang
belakang ditunjukkan oleh nomor. …
A,
1 B. 2 C. 3 D. 4
3. Perhatikan gambar
berikut!
Hewan di atas dimasukkan satu kelompok, yaitu
kelompok vertebrata dikarenakan
A. sama-sama bergerak
menggunakan kaki
B. sama-sama bernapas
dengan paru-paru
C. sama-sama memiliki
tulang belakang
D. sama-sama
berkembangbiak dengan bertelur
Tag :
biologi smp
0 Komentar untuk "UN PENGELOMPOKKAN MAHKLUK HIDUP"