BELAJARLAH KAMU SAMPAI MAUT MENJEMPUTMU. DOA, USAHA, IKHTIAR, DAN TAWAKALL (iSTIQOMAH)kunci keberhasilan

Powered by Blogger.

UN PENGELOMPOKKAN MAHKLUK HIDUP

KLASIFIKASI /TAKSONOMI cabang ilmu biologi yang mempelajari bagaimana
mahkluk hidup dikelompokkan, dengan tujuan mempermudah mempelajari mahkluk
hidup yang beranekaragam.
Pengelompokkan mahkluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri-ciri yang
dimiliki.  Yang banyak memiliki persamaan diletakkan pada kelompok yang sama dan
yang berbeda dipisahkan untuk dicari pada tempat mahkluk hidup yang memiliki ciri
yang sama.

Bapak klasifikasi : Carolus Linnaeus, terkenal dengan teknik Binomial Nomenklatur;
penamaan mahkluk hidup dengan 2 kata. Contoh; Homo safiens  (MANUSIA),
Oryza sativa (jagung),  Zea mays (padi), Canis domesticus (kucing),  Perhatikan cara
penulisannya pahami aturannya.....!


Tingkatan takson pada tumbuhan dimulai dari;  Kingdom, divisio, kelas, ordo, famili, genus, 
dan spesies.  Sedangkan pada hewan: Kingdom, filum, kelas, ordo, famili, genus, dan spesies.  
Menurut  Robert  Whittaker; makhluk hidup dikelompokkan menjadi 5 Kingdom, yaitu;
1.       Kingdom Monera,
2.       Kingdom Protista
3.       Kingdom  Fungi
4.       Kingdom  Plantae, dan
5.       Kingdom Animalia.
Tips. Hapalkan perbedaann ke lima ciri kingdom dan
          contoh mahkluk hidupnya!

Prediksi soal UN
Pilihlah jawaban yang benar!


1.  Perhatikan gambar empat macam tumbuhan berikut ini!
  

      Kelompok tumbuhan yang memiliki kekerabatan terdekat berdasar ciri yang dimiliki 
      ditunjukkan oleh ....
       A. I dan III    B. II dan III    C. III dan IV       D. IV dan I
Kunci: C
Pembahasan:
Gambar I adalah contoh tanaman paku jenis Pteris excelsa
Gambar II adalah contoh tanaman paku Tanduk Rusa (Platycerium bifurcatum)
Gambar III Lumut hati Hepaticopsida
Gambar IV jenis lumut Musci sp
                                                                         
2.  Perhatikan gambar berikut!
 





Pengelompokkan yang sesuai dengan kedekatan ciri yang
dimiliki oleh tanaman sesuai gambar adalah....
A.    I dan II   B.   I dan III    C. II dan III    D,III dan IV
Kunci: C
Pembahasan:
Gambar I adalah tanaman terung adalah termasuk kelompok dikotil
Gambar II adalah tanaman nanas adalah termasuk kelompok monokotil
Gambar III adalah tanaman jagung adalah termasuk kelompok monokotil
Gambar IV adalah tanaman jambu adalah termasuk kelompok dikotil

Kata kunci pembelajaran pengelompokkan tumbuhan (Plantae)
1.  berdasarkan ada tidaknya pembuluh angkut
    1. tidah memiliki pembuluh angkut
        a. lumut (Bryophyta)
    2. memiliki pembuluh angkut
       a. tanaman paku ( Pterydophyta)
       b. tanaman berbiji (Spermatopyta)
 2 Spermathopyta di bagi  2, yaitu
     a. Berbiji tertutup (Angiospermae)
         contoh; Pinus merkussi ( pinus)
                        Agathis alba  (cemara)
                        Gnetum gnemon (melinjo/tangkil)
      b. berbiji terbuka (Gymnospermae) dibagi 2
           1. Monokotil (berkeping satu)
               Ciri utama : -berkeping satu, jumlah bunga kelipatan 3, irisan melintang 
                                       batang menyebar, akar serabut, bentuk tulang daun; pita,
                                        sejajar, dan melengkung
                contoh: kelapa (Cocos nucipera),  alang-alang (Imperata cylindrica),
                               pandan (Pandanus sp.)
           2. Dikotil  (berkeping dua)
                Ciri utama : berkeping dua, jumlah bunga kelipatan 4 dan 5,  irisan melintang
                                       xilem, kambium, dan floem jelas, bentuk daun menyirip dan menjari
                                       akar tunggang,....


Pilihlah jawaban yang benar!
1. Tujuan pengelompokkan makhluk hidup adalah . ...

     A. memudahkan kita mempelajari dan  menyederhanakan  objek yang beranekaragam

     B. mengetahui jumlah makhluk hidup yang ada di bumi

     C. memahami keanekaragaman makhluk hidup baik  tumbuhan maupun  hewan
     D .memanfaatkan makhluk hidup yang ada bagi  kepentingan manusia
  2.   Perhatikan data berikut ini:
1. Divisio               4. Spesies
2. Genus                 5. Ordo
3. Class                   6. Famili
       Berdasarkan data di atas, tingkatan klasifikasi pada  
      tumbuhan dari yang terbesar ke yang terkecil ….
         A.  1-3-5-6-2-3                         C.  1-4-5-6-2-3
         B.  1-2-3-4-5-6                          D.  1-3-4-2-5-6
 
3. Perhatikan nama-nama ilmiah berikut!
    1. Rattus rattus           2. Manis javanicus
    3. Bos javanicus        4. Bos sundaicus


    Dari data nama-nama ilmiah di atas, yang  memiliki  
    hubungan kekerabatan dekat  adalah  . ...
    A. 1 dan 2                                       C. 1 dan 3
    B. 2 dan 3                                        D. 3 dan 4

 4. Perhatikan data berikut ini :
1. Daun seperti pita
2. Tulang daun menyirip
3. Akar serabut
4. Batang berkambium
5. Bunga betina terletak pada ketiak daun
6. Bunga jantan berwarna menyolok

Berdasarkan data di atas, ciri-ciri tumbuhan jagung terdapat pada nomor ...
       A.  1, 3 dan  5                                 C.  1, 3 dan 6     
       B  2, 3 dan 4                                    D.  2, 5 dan 6
5. Perhatikan data tumbuhan yang ditemukan di  kebun  sekolah:
              1.  putri malu                              4. serai
              2. kembang sepatu                    5. bayam
               3. ilalang                                    6. melati
   Tanaman yang dikelompokkan berdasarkan persamaan
    ciri berakar tunggang adalah…..
   A. 1, 2  dan 3                                      C. 2, 3 dan 5                   
    B. 1, 2  dan 6                                      D. 2, 4,dan 6
 7.  Tumbuhan yang telah memiliki akar, batang dan daun sejati berkembang  
      biak dengan metagenesis (pergiliran keturunan) adalah...

      A. Bryophyta                          C. Thallophyta 

      B Pterydophyta                       D. Angiospermae            
  8.  Perhatikan ciri-ciri tumbuhan berikut!
1.   tumbuhan berbentuk pohon atau semak
2.   memiliki sistem perakaran tunggang
3.   batang berkayu
4.   biji tidak dibungkus oleh daun buah
5.   organ reproduksi berbentuk kerucut (strobilus)
     Tumbuhan yang mempunyai  ciri-ciri di atas adalah ...
A.  tumbuhan paku (Pterydophyta)
B.   tumbuhan biji terbuka (Gymnospermae)
C.   tumbuhan berkeping satu (monokotil)
D.  tumbuhan berkeping dua(dikotil)

9. Perhatikan gambar berikut








Ciri-ciri organ yang dimiliki oleh tumbuhan dikotil
ditunjukkan oleh gambar nomer. ...
A. 1, 3 dan 4                         C.  1, 4 dan 6     
B. 2, 3 dan 4                         D.  2, 3 dan 5

10.  Tumbuhan yang telah memiliki akar, batang dan daun sejati berkembang  biak dengan metagenesis (pergiliran keturunan) adalah...
      A. Bryophyta                          C. Thallophyta 
      B Pterydophyta                       D. Angiospermae

 11.   Perhatikan ciri-ciri tumbuhan berikut!
1 tumbuhan berbentuk pohon atau semak
2 memiliki sistem perakaran tunggang
3 batang berkayu
4 biji tidak dibungkus oleh daun buah
5 organ reproduksi berbentuk kerucut (strobilus)
     
Tumbuhan yang mempunyai  ciri-ciri di atas adalah ...
A.  tumbuhan paku (Pterydophyta)
B.   tumbuhan biji terbuka (Gymnospermae)
C.   tumbuhan berkeping satu (monokotil)
D.  tumbuhan berkeping dua(dikotil)

Kingdom Animalia


1. Ketika berlibur ke pantai, Aldi menemukan hewan dengan
     ciri-ciri sebagai berikut :
1.       Tubuh ditutup bulu
2.       Suhu tubuh tetap
3.       Bernapas dengan paru-paru
4.       Berkembangbiak dengan bertelur.
Berdasarkan ciri-ciri di atas, kemungkinan hewan yang ditemukan Ani adalah ....
       A.  Pisces                          C.  Aves             
B.  Amphibi                      D.  Pisces

2.  Perhatikan tabel berikut ini :
No
Bagian
Hewan bertulang
Belakang
Hewan tak bertulang
Belakang
1
Susunan saraf
di atas saluran pencernaan
di bawah saluran pencernaan
2
Jantung
tidak sempurna
sempurna
3
Saluran pencernaan
di atas sistem saraf
di bawah sistem saraf
4
Rangka tubuh
rangka luar
rangka dalam













Berdasarkan tabel di atas, perbedaan hewan bertulang belakang dan hewan tak bertulang belakang ditunjukkan oleh nomor. …
A, 1         B. 2          C. 3                  D. 4

3.  Perhatikan gambar berikut!




   

  
  Hewan di atas dimasukkan satu kelompok, yaitu
     kelompok vertebrata dikarenakan
A.  sama-sama bergerak menggunakan kaki
B.  sama-sama bernapas dengan paru-paru
C.  sama-sama memiliki tulang belakang
D.  sama-sama berkembangbiak dengan bertelur






  





Tag : biologi smp
0 Komentar untuk "UN PENGELOMPOKKAN MAHKLUK HIDUP"

Back To Top