Kisi UN IPA-BIOLOGI 2015-2016
Level Kognitif
|
Makhluk hidup dan lingkungannya
|
Struktur dan fungsi makhluk hidup
|
Pengetahuan
Mengidentifikasi
Mendeskripsikan
Mengklasifikasi
Menunjukkan
Menjelaskan
Menentukan
|
Siswa mampu memahami dan menguasai
konsep:
- gejala alam biotik dan abiotik
- ciri-ciri/karaktristik makhluk
hidup
- keragaman pada sistem organisasi
kehidupan
|
Siswa mampu memahami dan menguasai
konsep:
- sistem gerak pada manusia
- sistem pencernaan manusia
- sistem peredaran darah
- sistem pernafasan
- sistem ekskresi
- sistem reprodusi manusia
- jaringan tumbuhan
- kelangsungan hidup organisme
melalui kemampuan bereproduksi
|
Aplikasi
· Memberi contoh
· Menyimpulkan
· Menerapkan
· Menghubungkan
· Memprediksi
· Membandingkan
|
Siswa mampu mengaplikasikan
pengetahuan dan
pemahaman tentang:
- interaksi antara makhluk hidup
dan lingkungan
- kepadatan populasi manusia
- pencemaran lingkungan
- alat untuk mengenal gejala-gejala
kehidupan
- prosedur pengklasifikasian
makhluk hidup
|
Siswa mampu mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman tentang:
- faktor-faktor yang berpengaruh
pada sistem gerak
- percobaan dalam sistem pencernaan
- mekanisme peredaran darah
- percobaan sistem pernapasan
- menjaga kesehatan sistem ekskresi
- kelainan dan penyakit pada sistem
reproduksi manusia
- keterkaitan struktur dan fungsi
jaringan tumbuhan
- percobaan fotosintesis
- kelangsungan hidup organisme
melalui kemampuan bereproduksi
|
Penalaran
· Menganalisis
· Mensintesis
· Mengevaluasi
· Menilai
· Memperpimbangkan
· Memecahkan
masalah
· Memberi argumen
|
Siswa mampu menggunakan nalar dalam
mengkaji:
- pengelolaan lingkungan untuk
mengatasi pencemaran
dan kerusakan lingkungan
- dampak interaksi makluk hidup dan
lingkungannya
- pengaruh kepadatan populasi
manusia pada
makhluk hidup dan lingkungannya
|
Siswa mampu menggunakan nalar dalam
mengkaji:
- keterkaitan antara sistem organ
pada manusia
- keterkaitan antara struktur dan
fungsi jaringan pada tumbuhan
- pola hidup sehat
- manfaat perkembangbiakan tumbuhan
dan hewan untuk kesejahteraan manusia
- percobaan fotosintesis
|
Kisi kisi soal-soal FISIKA dan KIMIA UN 2016
Pengetahuan dan
pemahaman
· Mengidentifikasi
· Menyebutkan
· Menunjukkan
· Membedakan
· Mengelompokkan
· Menjelaskan
|
Siswa mampu
memahami tentang:
- pengukuran
- besaran dan
satuan
- konsep zat dan
wujudnya
- zat serta
perubahannya
- zat aditif, zat
adiktif, dan psikotropika
- partikel zat
- pencemaran
- campuran
- larutan
|
Siswa mampu
memahami tentang:
- gerak lurus
- hukum newton
- usaha dan
energi
- pesawat
sederhana
- suhu dan kalor
- tekanan
- tata surya
|
Siswa mampu
memahami tentang:
- getaran dan
gelombang
- bunyi
- optik
- listrik dan
magnet
|
Aplikasi
· Mengklasifikasi
· Menginterpretasi
· Menghitung
· Mendeskripsikan
· Memprediksi
· Mengurutkan
· Membandingkan
· Menerapkan
· Memodifikasi
|
Siswa mampu
mengaplikasikan
pengetahuan
tentang:
- pengukuran
- konsep zat dan
wujudnya
- zat serta
perubahannya
- zat aditif, zat
adiktif, dan psikotropika
- partikel zat
- pencemaran
- campuran
- larutan
|
Siswa mampu
mengaplikasikan pengetahuan
tentang:
- gerak lurus
- hukum newton
- usaha dan
energi
- pesawat
sederhana
- suhu dan kalor
- tekanan
- tata surya
|
Siswa mampu
mengaplikasikan
pengetahuan
tentang:
- getaran dan
gelombang
- bunyi
- optik
- listrik dan
magnet
|
Penalaran dan logika
· Menemukan
· Menyimpulkan
· Menggabungkan
· Menganalisis
· Memecahkan
masalah
· Merumuskan
|
Siswa mampu
bernalar tentang:
- pengukuran
- konsep zat dan
wujudnya
- zat serta
perubahannya
- zat aditif, zat
adiktif, dan psikotropika
- partikel zat
- pencemaran
- campuran
- larutan
|
Siswa mampu
bernalar tentang:
- gerak lurus
- hukum newton
- usaha dan
energi
- pesawat
sederhana
- tekanan
- suhu dan kalor
|
Siswa mampu
bernalar tentang:
- getaran dan
gelombang
- bunyi
- optik
- listrik dan
magnet
|
Tag :
biologi smp,
SMP
0 Komentar untuk "KISI KISI UN IPA SMP 2015- 2016"